PSBI Blitar 2021 Home Shirt - Released for Liga 3 Zona Jawa Timur

Setelah sebelumnya kita membahas jersey PSBI Blitar yang dirilis oleh klub untuk kebutuhan merchandising di PSBI Zone, di artikel ini kita akan bahas jersey mereka yang digunakan dalam kompetisi Liga 3 2021 Zona Jawa Timur. Seperti diketahui, PSBI Blitar kembali berlaga di Liga 3 setelah absen sejak musim 2019. Di musim 2021 ini, mereka bergabung di grup A bersama Persedikab, Persekam Metro, PSID Jombang, dan Persem Mojokerto. Sayangnya, dalam empat laga yang dijalani PSBI meraih hasil 3 kali imbang dan sekali kekalahan sehingga harus puas berada di posisi juru kunci klasemen akhir dengan poin 3.

Jersey home & away PSBI Blitar untuk Liga 3 2021

R2J, selaku apparel yang ditunjuk oleh Asprov Jatim (follow up dari kerjasama dengan Equinoc), mengumumkan beberapa klub yang bekerja sama dengan mereka di Liga 3 Zona Jawa Timur musim 2021: selain PSBI, ada Persikapro, Persipro Probolinggo dan PSIL Lumajang. Informasi ini disampaikan pada 16 Oktober 2021 lalu di media sosial owner apparel.

Ada 2 jenis jersey PSBI yang dirilis, home & away dengan masing-masing variasi warna merah (home player) & hitam (home kiper) dan biru (away player) dan orange (away kiper). R2J merilis jersey player PSBI ke publik dengan dua grade: top & mid dengan spesifikasi detail masing-masing berbeda walaupun menggunakan bahan kain yang sama.

Promotional images dari @r2j.jersey

Jersey versi top grade dijual dalam kemasan box, yang sayangnya memang hanya berfungsi sebagai kemasan sehingga cukup rapuh dan rusak ketika paket diterima. Baik versi top maupun mid memiliki sertifikat keaslian jersey dengan stiker hologram authentic product. Apparel membuka sesi pre order jersey ini hanya selama 10 hari di November 2021 & memulai sesi pengiriman produknya di akhir bulan yang sama.

Kemasan box & sertifikat keaslian jersey dari apparel

Logo apparel R2J

R2J merupakan apparel asal Jember, dengan namanya berasal dari singkatan Rivalda Romadhona Javamici. Berdiri sejak 2018, R2J menyediakan produk & layanan custom jersey untuk sepakbola dan futsal. Tahun 2021 ini menjadi debut mereka di Liga Indonesia. Logo mereka terpasang di bagian depan jersey dengan perbedaan bahan antara top & mid grade. Di top grade, seluruh logo (baik apparel maupun sponsor utama ) menggunakan bahan HQ Polyflex PVC sementara di mid grade berupa sublimasi print.

Logo PSBI Blitar

Logo klub di jersey versi top grade menggunakan material 3D TPU. Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, logo PSBI yang berwarna merah putih merepresentasikan bendera negara Indonesia dan kepemilikan klub oleh warga pribumi saat didirikan. 

Patch Liga 3 2021

Di lengan kanan jersey terpasang patch Liga 3 yang eksklusif hanya digunakan di Pulau Jawa karena ada title sponsor MS Glow for Men. Hal ini tak lepas dari perikatan sponsor PSSI Asprov di seluruh provinsi di Jawa dengan brand kosmetik asal Jawa Timur ini. Pihak sponsor menyebutkan dukungan ini dilakukan untuk menjadikan Liga 3 lebih semarak sehingga dapat meningkatkan motivasi seluruh pemain muda yang ada di klub-klub peserta kompetisi. Selain MS Glow for Men, Liga 3 Jawa juga menggaet Vidio, Rans Entertainment, dan Equinoc. Banyaknya sponsor yang masuk ke Liga 3 Jawa juga berawal dari komunikasi antar Asprov yang berkeinginan sama untuk memajukan pesepakbolaan di daerah.

Aksen garis di persendian bahu jersey

Sekilas kita melihat model jersey home PSBI Blitar ini seperti Arsenal di musim 2018/2019 saat bersama Puma dengan warna merah-putih dengan aksen garis-garis tipis di bagian lengan. Jersey PSBI sendiri meski sama-sama berpola raglan, aksen garis tipis ini berada persis di persendian bahu dengan lengan. Garis ini btw bukan sublim ya, tapi lebih seperti gesut di kain, sehingga memberikan efek timbul. Jersey mid gradenya pun menerapkan hal yang sama, walaupun patch-patch lainnya sublimasi. Template jersey yang sama (ada aksen garis di persendian) ternyata juga diterapkan di jersey klub partner R2J yang lain seperti PSIL dan Persipro.

Logo sponsor yang terpasang di bagian depan jersey merupakan putusan dari asosiasi

Model kerah jersey home PSBI Blitar 

Bagian depan jersey home memiliki motif seperti kontur tanah atau topografi, sementara untuk away menggunakan motif abstrak disertai dengan tulisan PSBI Singolodro ala airbrush. Dalam caption promotional images dari apparel disebutkan bahwa desain jersey home berasal dari PSBI langsung. Untuk motif jersey away, gaya yang sama juga diterapkan di dua klub lain (PSIL & Persipro) oleh R2J. Kedua motif ini disublimasi printing di kain jersey tampak dari sisi dalamnya yang berwarna putih. Sesuai ketentuan sponsorship di Liga 3 Zona Jawa Timur 2021, terdapat logo MS Glow for Men, Fresco, dan Mr. Cuanisasi serta Pengamat Sepakbola di bagian depan jersey. Di lengan kiri terdapat tambahan logo sponsor Vidio. Harus diakui, kerjasama Liga 3 Jawa dengan Vidio ini membuat exposure Liga 3 meningkat di kalangan penggemar bola Indonesia. Untuk penggemar PSBI seperti @ceritajersey yang cukup lama tidak menonton langsung tim berlaga pun sangat bersyukur akhirnya ada tayangan langsung pertandingan terkait.

Sisi belakang kerah jersey PSBI, sama seperti Persija (Menpora Cup) & Persib (2021)

R2J, meski baru ini terjun di Liga Indonesia, tidak menahan diri untuk memberikan yang terbaik di jersey para peserta. Pola-pola yang digunakan tergolong bukan hal yang sering diterapkan di jersey lokal, seperti model kerah (sama seperti Liverpool, Persija & Persib yang pernah dibahas dulu) dan penggunaan mesh di sisi belakang bawah kerah untuk jembatan panel kiri & kanan. R2J juga memasang mesh di kiri-kanan untuk menjaga sirkulasi udara ketika jersey dikenakan.

Motif topografi di jersey home PSBI Blitar 2021

@ceritajersey memilih memasang nomor punggung 7 untuk jersey homenya, nomor yang dikenakan pemain muda PSBI Blitar: Hengky Kurniawan. Berposisi sebagai striker,  pemain yang lahir di tanggal 31 Oktober ini tampil ciamik  dengan mencetak sejumlah gol dalam laga-laga pra musim PSBI sebelum Liga 3 dimulai. Hengky juga mencetak gol penyama kedudukan dalam babak penyisihan grup ketika PSBI Blitar menghadapi Persem Mojokerto sehingga pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Bagian dalam jersey PSBI Blitar

Kedua jenis jersey (top maupun mid) menggunakan kain drifit smash dengan teknologi yang sama: anti UV, anti odor, lightweight, dan quick dry. Seluruh bagian jersey ini, dari panel body, mesh, maupun ribnya berasal dari 100% polyester. Petunjuk perawatan jersey ini disertakan dalam washing tag yang berada di sisi dalam jersey. Di sisi lain, untuk nomor punggung di jersey top grade menggunakan material polyflex dan untuk mid grade nomor punggung langsung disublimasi printing di kain. Sayangnya jersey yang dijual oleh apparel tidak mengikutsertakan logo sponsor di sisi belakang jersey PSBI: De Karanganjar Koffie dan Lapis Kukus Balitar.

Untuk versi top grade, apparel memberikan black tab authentic dari woven yang dibordir di ujung bawah jersey, bersama dengan tambahan tag bertuliskan "PSBI" di sisi sebelah kiri. Simpel namun detail yang patut dipuji. Di dalam black tab tertulis frasa andalan apparel, "Gunakan dengan Bangga".

Authentic black tab jersey top grade PSBI Blitar

Tag PSBI di sisi kiri jersey

Di tahun kedua Equinoc menjadi pendukung Liga 3, sepertinya kualitas produksi jersey klub peserta semakin meningkat. Harus diakui, jersey PSBI yang digunakan untuk kompetisi Liga 3 2021 ini melebihi ekspektasi, setidaknya untuk versi yang dijual (top grade). Seperti yang pernah dijelaskan di channel youtube Ceritajersey bisa jadi jersey yang digunakan pemain saat bertanding (match issue/player issue) seluruhnya full sublimasi. Namun desain & pattern jersey yang digunakan R2J untuk PSBI Blitar ini cukup apik, at least dibandingkan dengan jersey salah satu peserta Liga 1 2021 pun masih lebih baik jersey PSBI ini. Ceritajersey memberikan nilai 4 dari 5 untuk jersey home PSBI Blitar 2021 versi Liga 3. Ada dua jersey yang dibeli dengan versi berbeda: home - top grade dan away - mid grade. Keduanya dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang sepadan. Terlepas dari polemik jersey yang ada di klub, produk-produk apparel lokal ini (baik dari Blitar maupun Jember untuk PSBI) tetap harus kita apresiasi. Semoga di masa yang akan datang koordinasi antar pihak menjadi lebih baik lagi dan prestasi PSBI Blitar juga meningkat. Ora PSBI ora!

Share:

0 comments:

Post a Comment

@ceritajersey 2020. Powered by Blogger.

Search The Jersey

Labels