PSBI Blitar 2021 Home Shirt - Released by PSBI Zone

PSBI Blitar meluncurkan jersey yang dipersiapkan untuk musim kompetisi 2021 ini pada akhir Oktober tahun lalu. Bekerjasama dengan apparel lokal Amerygo, PSBI meluncurkan varian jersey home, away, dan third yang seluruhnya bisa diperoleh di PSBI Zone dengan kemasan boxset eksklusif.

Liga 3 Zona Jawa Timur 2021 dimulai sejak awal November dengan PSBI Blitar tergabung di grup A bersama tuan rumah Persedikab Kediri, Persekam Metro Malang, Persem Mojokerto, dan PSID Jombang. PSBI Blitar yang kembali berkompetisi setelah vakum sejak dua tahun lalu, berusaha membangun tim dengan mengontrak pemain & pelatih baru, koordinasi dengan suporter, mengikat sponsor-sponsor, dan merilis official store untuk membantu finansial tim. 


Jersey yang dirilis oleh klub ini tidak digunakan dalam kompetisi resmi Liga 3 Zona Jawa Timur 2021, dimana asosiasi (PSSI Jatim) sebelumnya telah mengikat kerjasama dengan Equinoc, asosiasi yang mewadahi produsen perlengkapan olahraga level UKM di Indonesia. Kerjasama ini sebelumnya hanya di zona Jawa Timur (2019) kemudian meningkat menjadi seluruh provinsi di Pulau Jawa pada 2021. Untuk jersey yang dikenakan PSBI Blitar dalam Liga 3 lalu akhirnya disupport oleh R2J untuk memenuhi regulasi terkait sponsor.

Jersey home versi rilisan klub ini berwarna sesuai identitas PSBI Blitar: merah & putih. Apparel juga menambahkan gradasi warna hitam ke arah sisi bawah jersey. Logo sponsor yang ditampilkan di jersey ini seluruhnya merupakan partner klub yang telah diperkenalkan sejak awal musim. De Karanganjar & Graha Bangunan kembali mensupport PSBI sama seperti musim-musim sebelumnya. Dua logo mereka terpampang besar di bagian depan jersey ini.

Promotional video dari PSBI Blitar (@psbi_blitar1928) untuk jersey home 2021

Boxset jersey home PSBI Blitar rilisan PSBI Zone untuk musim 2021

Klub merilis jersey ini dalam kemasan boxset dengan harga cukup terjangkau: sekitar 250ribu di awal peluncuran. Tekad "PSBI Bangkit" untuk mengembalikan nama besar klub di dalam & luar lapangan tertulis tegas di sertifikat keaslian produk. Uniknya, tanda tangan yang dibubuhkan oleh Ketua Umum PSBI Blitar, Bapak Herry Noegroho, di sertifikat ini merupakan asli goresan pena, bukan print seperti yang biasanya kita lihat di sertifikat keaslian klub lain. Dari sini kita bisa lihat salah satu bentuk keseriusan klub dengan tekad bangkitnya.

Logo flock Amerygo di jersey PSBI

Amerygo.co diumumkan sebagai apparel partner klub sejak 17 Oktober 2021. Klub menggandeng apparel lokal untuk ikut serta mengembangkan potensi yang ada di Blitar Raya sesuai dengan tujuan awal. Kebutuhan team & store akan dipenuhi oleh Amerygo.co selama setahun ke depan sejak kontrak ditandatangani. Logo mereka di jersey ini terbuat dari material flock/velvet.

Logo PSBI Blitar di jersey rilisan store

Sejauh ini diketahui bahwa PSBI Blitar berdiri sejak 8 Desember 1928 dengan namanya merupakan singkatan dari Persatuan Sepakbola Bangsa Indonesia. Warna merah & putih yang ada di logo mencerminkan bendera negara Indonesia dan menunjukkan bahwa klub ini merupakan milik pribumi saat didirikan dulu. Setelah era Bung Karno, PSBI kemudian dibawa ke Blitar dan bermarkas di kota kelahiran proklamator tersebut. Sejak terdegradasi dari Liga 2 di akhir musim 2017, sampai saat ini PSBI masih berkompetisi di Liga 3.

Sublimasi logo PSBI Fan Shop di bagian depan jersey

Sponsor lain yang ada di jersey PSBI adalah PFS atau PSBI Fan Shop. PFS merupakan unit penjualan merchandise dan produk resmi dari kelompok suporter PSBI, Freedom Gate, yang menjual berbagai pernak pernik suporter klub. Tagline mereka, "Belajar Menghidupi Tim" diterapkan secara nyata dengan kontribusi positif ke PSBI Blitar setiap musimnya. Logo mereka bersama logo sponsor lain diaplikasikan dengan sublimasi printing di jersey klub.

Di bagian belakang bawah, terdapat logo sublimasi sponsor Radar Blitar, bagian dari Jawa Pos Group

Kerah & size label jersey PSBI Blitar, bertuliskan "Bhumi Laya Ika Tantra Adi Raja"

Jersey ini menggunakan model kerah V-neck dengan kombinasi warna merah & putih. Di size labelnya tertera tulisan "Bhumi Laya Ika Tantra Adi Raja" yang merupakan kepanjangan dari Blitar. Arti dari kalimat ini adalah bumi tempat pusara raja-raja agung. Memang di Blitar terdapat beberapa makam tokoh jaman kerajaan seperti Raden Wijaya (pendiri Majapahit), Ranggawuni, Anusapati, bahkan Bung Karno pun dimakamkan di Blitar.

Tekstur kain drifit airwalk yang digunakan di jersey PSBI 2021

Meski bermain di Liga 3, kualitas jersey PSBI Blitar bisa dibilang selevel dengan klub Liga 1. Jenis bahan yang digunakan apparel merupakan polyester drifit dengan kain airwalk sehingga memiliki motif unik di bagian depan. Kita tahu Arema FC dengan SEA Apparel dan PSCS Cilacap (Liga 2) dengan apparel Artland juga menggunakan jenis kain yang sama untuk jersey mereka di musim 2020 lalu. Apparel menyebut aplikasi kain ini sebagai Amerygo Aeromesh.

Bagian dalam kain, terlihat warna jersey yang dihasilkan seluruhnya merupakan sublimasi printing

Authentic tab dari Amerygo, apparel jersey PSBI Blitar rilisan store

Tab autentik jersey ini berupa kain yang dijahit, berlogo Amerygo made in Blitar. Overall secara keseluruhan jersey ini cukup apik & muatan lokal Blitarnya terasa via sentuhan apparel. Sayang sekali jersey ini tidak sempat digunakan di kompetisi resmi. Semoga di musim berikutnya, rilisan resmi klub & koordinasi dengan pihak penyelenggara dapat ditingkatkan supaya jersey official tim bisa digunakan di pertandingan resmi kompetisi. Yang lebih penting lagi, teman-teman juga diharapkan tetap mendukung klub dengan support membeli produk-produk original dari PSBI Blitar via store klub.
Share:

0 comments:

Post a Comment

@ceritajersey 2020. Powered by Blogger.

Search The Jersey

Labels