Si Kuda Jingkrak - Review PS Gianyar 2021 Home Shirt

Satu nama baru tapi lama kembali muncul di pentas sepak bola Pulau Dewata setelah pada Juli 2021 lalu PS Gianyar mengumumkan kepesertaannya pada Liga 3 2021 Zona Bali. Tahun 2005 lalu kita mengenal Persegi Gianyar saat mereka pertama kali mentas di Divisi Utama Liga Indonesia dengan berbagai bintangnya seperti Carlos De Mello dan Javier Roca. Kiprah Persegi Gianyar di kasta tertinggi ini cukup berliku. Klub yang identik dengan logo kuda jingkraknya ini mengalami kesulitan keuangan pada tahun 2005 dan sempat pindah homebase ke Mojokerto pada Liga Indonesia tahun 2006. Persegi Gianyar finish di peringkat 10 Wilayah Timur di musim 2005 dan peringkat 14 (juru kunci) Wilayah Timur di musim 2006. Tidak ada degradasi di musim 2006 ini imbas gempa bumi di wilayah Yogyakarta. Pada tahun 2007, Persegi Gianyar kembali bermarkas di I Wayan Dipta dan bersama dengan Perseden Denpasar serta Persekaba Badung, mereka membentuk klub baru bernama Persegi Bali FC. Sayangnya, nasib klub ini berakhir tragis karena krisis keuangan dan bubar sejak akhir tahun 2007. Persegi Bali FC kembali menempati posisi juru kunci (peringkat 18) di Wilayah Timur pada gelaran kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2007.

Di musim 2011, PS Gianyar muncul ke permukaan dan memulai "kembali" kiprah mereka di sepak bola nasional dari Divisi Tiga. Berkat menjadi runner up di musim 2012 (kalah dari Jember United di partai final), PS Gianyar berhasil promosi ke Divisi Dua Liga Indonesia. Setelah penyatuan Divisi Dua dan Tiga Liga Indonesia menjadi Liga Nusantara pada tahun 2014, PS Gianyar gagal lolos ke level nasional. Hingga tahun 2017 lalu, tercatat PS Gianyar masih bermain di Liga 3 Zona Bali. Dan setelah absen pada musim 2018 & 2019, tahun 2021 lalu mereka kembali berlaga bahkan menjadi tuan rumah turnamen Liga 3 Zona Bali di Lapangan Sepakbola Wanara Mandala.

Logo baru PS Gianyar yang elegan dan modern

Logo baru PS Gianyar diperkenalkan pada pertengahan tahun 2021, masih mengusung kuda jingkrak sebagai ikonnya serta tiga warna tridatu (merah-putih-hitam). Tidak lupa unsur corak kain poleng (kotak-kotak hitam putih) dari logo Persegi juga dimasukkan ke dalam logo anyar PS Gianyar. Harapannya dengan identitas baru ini PS Gianyar memiliki semangat lebih untuk terlahir kembali sebagai juara. Fyi, kain poleng hitam-putih biasa disebut Saput Poleng Rwa Bhineda. Warna ini memiliki makna mengajarkan bahwa ada hal berbeda di dunia ini, namun bila berjalan harmonis akan membuat alam menjadi seimbang. 

Branding apparel WAFS dengan logo barunya di jersey PS Gianyar

Jersey musim 2021 PS Gianyar diproduksi oleh WAFS, apparel juara Liga 3 Zona Bali dua tahun terakhir (2018 bersama Putra Tresna & 2019 bersama Perseden Denpasar). Dirilis pertama pada Oktober 2021, sambutan untuk jersey baru mereka sungguh meriah. Sebagai jersey utama, klub memilih warna merah dipadu dengan kombinasi hitam-putih di ujung lengan serta corak tulisan "Gianyar" di sisi kiri & kanan jersey. Varian dua jersey lainnya, hitam & hijau muda diperuntukkan untuk jersey away serta kiper. Di masa lalu, Persegi Gianyar sempat identik dengan warna hijau sebagai kostum kandangnya, sebelum akhirnya sejak musim 2003 ke atas mereka beralih ke warna merah.

Promotional images dari PS Gianyar melalui @flipmax.co & @wafs_bali

WAFS (We Are Fashion Sports) merupakan apparel lokal yang berdomisili di Denpasar, Bali. Mereka melakukan rebranding logo pada tahun 2020 lalu sehingga tampak tampilan logo WAFS yang lebih simple dan modern di jersey PS Gianyar ini. Identitas apparel ini tampak juga di sisi dalam kerah (size label) serta penulisan nama di neck tape. Btw jersey ini dijual oleh klub melalui Massa's Fitness Centre yang juga menjadi salah satu sponsor PS Gianyar.

Klub hanya menerapkan nomor punggung dengan penulisan nama klub untuk NNS di Liga 3 2021 Zona Bali 

Tidak seperti Liga 3 Jawa yang sponsor pada jerseynya sudah ditentukan oleh penyelenggara, di Liga 3 Bali ini kontestan bebas mencari sponsor. PS Gianyar beruntung memiliki dukungan kuat dari banyak brand. Di sisi depan jersey terdapat logo Gaja Silver & Jewelry serta the Kayon Jungle Resort. Di sisi bahu, lengan kiri & kanan bahkan sisi belakang di bawah nomor punggung juga memiliki space untuk logo sponsor. Namun layouting yang rapi untuk lokasi logo-logo ini membuat jersey PS Gianyar tetap terlihat elegan.

Penulisan kata Gianyar di panel samping jersey

Salah satu bagian paling ikonik dari jersey ini tentu panel kiri & kanannya yang difungsikan sebagai ventilasi karena ukuran lubang "jarum"nya yang lebih besar untuk kain drifitnya. Ikonik bukan karena lubang ini (yang mana sangat normal untuk jersey lokal sekarang), melainkan karena tulisan vertikal "Gianyar" yang merepresentasikan kebanggaan klub mewakili daerahnya di sepak bola Bali. Dengan target menjadi juara di Liga 3 Zona Bali 2021, bukan tidak mungkin dalam 3-4 tahun lagi akan tercipta derby Gianyar antara Bali United melawan PS Gianyar di kasta tertinggi Liga Indonesia. Sayangnya, PS Gianyar gagal melaju ke Liga 3 Nasional setelah hanya finish di peringkat tiga grup X dalam babak 8 Besar.

Blacktab untuk keaslian produk dari WAFS

Produksi jersey PS Gianyar yang dilepas ke pasaran cukup lama sehingga ceritajersey baru menerima jersey ini beberapa saat setelah kompetisi Liga 3 2021 Zona Bali berakhir. Uniknya lagi, PS Gianyar bahkan menggunakan jersey teamwear Adidas-adidasan berwarna hijau saat berlaga di dua pertandingan terakhir babak 8 besar lalu (menghadapi Perst Tabanan dan Perseden Denpasar). Satu hal yang perlu disoroti lagi adalah warna sublimasi jersey ini (merah) bersifat dominan sehingga rentan mempengaruhi warna logo klub, apparel, dan nomor punggung yang berupa polyflex (cenderung berubah kemerahan)

Aksen warna hitam & putih sebagai unsur penyeimbang di jersey kandang PS Gianyar 2021

Overall jersey ini layak diberi nilai 4 dari 5. Desain yang sederhana dengan menonjolkan warna utama merah serta pecah pola di bahu dan sisi kiri & kanan jersey menjadi semakin terlihat sempurna berkat pemilihan warna hitam putih untuk ujung lengannya. Logo anyar PS Gianyar membuat jersey ini terlihat linier tiap elemennya dan apresiasi patut diberikan untuk klub, sponsor & apparel yang tentunya pasti berkoordinasi untuk membuat layout peletakan logo brand tertata rapi. Menurut ceritajersey, jersey home PS Gianyar merupakan salah satu yang terbaik di Liga 3 musim 2021/2022 ini.

Jersey produksi apparel WAFS untuk Putra Tresna (2018), Perseden Denpasar (2019), dan PS Gianyar (2021)
\
Share:

0 comments:

Post a Comment

@ceritajersey 2020. Powered by Blogger.

Search The Jersey

Labels